Install OpenOffice.org 3.0 di Ubuntu 8.10

Pada Ubuntu 8.10 sudah terdapat aplikasi Office yang dapat dikatakan lengkap yaitu OpenOffice.org. Namun versi aplikasi OpenOffice.org yang disertakan pada saat instalasi Ubuntu 8.10 adalah OpenOffice.org versi 2.4. Sedangkan yang terbaru adalah OpenOffice.org versi 3.0.

Pada artikel ini saya membahas mengenai cara instalasi OpenOffice.org 3.0 pada Ubuntu 8.10. Sebelum kita melakukan instalasi, kita harus memiliki file-file instalasi dari OpenOffice.org 3.0. File-file tersebut dapat di-download di :

http://download.openoffice.org/other.html#en-US

File instalasi yang harus di-download adalah file yang berjenis DEB (karena Ubuntu hanya mengenali file instalasi .deb). File tersebut adalah :

OOo_3 (copy).0.1_LinuxIntel_install_en-US_deb.tar.gz

Setelah selesai men-download file tersebut, ekstraklah file tersebut ke folder tujuan yang kamu kehendaki, misalnya ke folder /home/user_name_kamu/. Setelah diekstrak akan diperoleh folder yang bernama OOO300_m15_native_packed-1_en-US.9379 yang isinya terdiri dari 3 folder yaitu DEBS, licenses, readmes dan 1 file update.

File-file .deb yang kita butuhkan untuk instalasi aplikasi OpenOffice.org 3.0 terdapat di dalam folder DEBS. Di situ terdapat sekitar 47 file *.deb.

Sebelum menginstall OpenOffice.org yang baru, ada baiknya versi lama yang sudah terinstall di Ubuntu kita uninstall terlebih dahulu agar tidak terjadi crash antara versi lama dengan versi yang baru. Cara uninstall dapat dilakukan dengan menggunakan Synaptic Package Manager atau melalui Applications > Add/Remove Programs.

Setelah selesai meng-uninstall versi lama, kita akan mulai instalasi versi yang baru. Berikut langkah-langkahnya :

Dari program Terminal kita akan masuk ke folder DEBS nya. Di Terminal, ketikkan perintah :

cd /home/user_name_kamu/OOO300_m15_native_packed-1_en-US.9379/DEBS/

Kemudian ketikkan perintah :

sudo dpkg -i *.deb

perintah tersebut akan menginstall semua file berekstensi .deb yang ada di folder DEBS tadi.

Lalu biasanya ada satu folder lagi di dalam folder DEBS yang bernama /desktop-integration. Kalau tidak ada, tidak masalah. Kalau ada, biasanya di dalamnya ada 1 file .deb lagi yang harus diinstall untuk memunculkan icon-icon shortcut OpenOffice.org di menu Application > Office.

Selesai. Semoga tutorial kecil ini bermanfaat.. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s