Update/Install Driver VGA nVidia di Ubuntu 9.10

nvidialogo

Walaupun pada Ubuntu sudah terdapat driver kartu grafis nVidia, seringkali kita menginginkan komputer kita memiliki driver kartu grafis yang terbaru.

Kali ini saya menuliskan tutorial tentang cara instalasi driver kartu grafis nVidia di Ubuntu 9.10 Karmic Koala. Karena cara mematikan X Server pada Ubuntu 9.10 sedikit berbeda dengan versi-versi Ubuntu sebelumnya.

Driver nVidia untuk Linux yang terbaru bisa langsung di download di nvidia.com. Pilih type hardware yang sesuai, OS yang sesuai (Linux 32-bit atau 64-bit), lalu download sekitar 20 MB.
Biasanya file drivernya berupa NVIDIA-Linux-xxx-xxx.xx.xx-pkg1.run (x berupa angka yang menunjukkan versi dan platform, misalnya NVIDIA-Linux-x86-180.29-pkg1.run).

Copy file tersebut ke dalam Home Folder anda yaitu di direktori /home/username (misalnya: /home/anung).

Kemudian install driver dengan cara :

  1. Tekan tombol Ctrl+Alt+F1 atau Ctrl+Alt+F2 untuk keluar dari mode grafik (X server) dan masuk ke dalam mode CLI (Command Line Interface).
  2. Login. Masukkan Username dan Password.
  3. Matikan X server dengan :

    sudo service gdm stop

  4. Install Driver Nvidia dengan :

    sudo sh NVIDIA-Linux-xxx-xxx.xx.xx-pkg1.run

    Pada saat instalasi driver, jawab semua pertanyaan yang diajukan dengan “yes”. πŸ˜€

  5. Aktifkan kembali X server dengan :

    sudo service gdm start

  6. Reboot dengan :

    sudo reboot

Setelah kembali log-in ke Ubuntu, driver kartu grafis nVidia sudah terinstall.

Semoga bermanfaat. πŸ™‚

21 thoughts on “Update/Install Driver VGA nVidia di Ubuntu 9.10”

  1. Setelah saya install driver nvidianya..kenapa resolusi maksimal monitor saya jadi tinggal 800×600 ya? padahal normalnya bisa sampai 1024×768

    Saya pakai monitor Samsung Syncmaster 591s

    1. mungkin bisa di cek di System > Preferences > Display, untuk mengeset resolusi dan refresh rate yang diinginkan.

      semoga membantu. πŸ˜€

  2. Mas, saya baru saja menginstall karnic koala di laptop compaq presario cq40 saya. yang jadi masalah saya malah nggak bisa ngenet di hotspot di kampus. untuk driver WiFi-nya gimana ya mas? dan kalo harus diunduh di link mana ya mas?
    trimakasih sebelumnya

  3. mas, aq pakai linux mint 8, aq install driver nvidia kok gak bisa ya. padahal sudah aq praktekkan tutorial spt yg ada di blog mas. yg muncul tulisan : can’t open nvidia-linux-x86-96.43.16-pkg1.run. bgt terus, please tolong deh mas..

    1. kalo nggak bisa lewat cara manual, coba aja dari system Mint nya.
      cari di System > Hardware Drivers..
      mudah2an membantu.. πŸ™‚

  4. mas,, saya heran,, kenapa setelah saya instal driver nya, resolusi mentok di 800×600. padahal defaultnya kan 1200×768.. saya coba di pengaturan resolusi juga masih gak mau berubah.. jadi gimana mas??

    1. apa spesifikasinya persis sama dengan laptop / desktop saya?
      karena saya sama sekali belum pernah mengalami seperti itu.. πŸ™‚
      maaf belum bisa membantu..

    1. mas maaf aku masih bingung cara intall nya sudah pakai cara di atas canot open n vidia,trus cara manual hardwer drivernya malah kosong gitu tok gmn sih mas caranya olong di perjelas

      1. cara yang ditulis sudah cukup jelas..
        sudah di download lebih dulu atau belum drivernya? πŸ™‚

Leave a Reply

