Batman: Arkham Asylum – Quick Review

Arkham_Asylum

Yo Junkers! Kita bertemu lagi di TJ review. Saya bukanlah penggemar game-game tentang super hero yang memang memiliki kekuatan super, apalagi Batman yang kekuatan supernya “cuma” otak jenius, jalan pikiran rumit dan uang yang berlebih. Baru-baru ini Humble Bundle menawarkan salah satu game tentang super hero itu dengan judul Batman: Arkham Asylum. Dan ternyata game ini benar-benar menawarkan pengalaman intim yang berbeda dengan pahlawan berjubah hitam kita.

Batman: Arkham Asylum
Permainan psikologis yang dibawakan oleh Scarecrow!

Game ini diawali dengan cutscene di mana Batman mengendarai Bat-mobilenya secepat kilat bersama Joker di bangku penumpang menuju Arkham Asylum. Di perjalanan Batman tetap merasa ada yang salah dengan penyerahan diri sang penjahat sinting bermulut besar ini. Sesampainya di Arkham Asylum, ternyata firasat Batman benar. Dengan beberapa langkah gila saja, Joker dan komplotannya berhasil mengendalikan fasilitas tersebut secara total. Mulai dari sini kita akan berjalan berdampingan bersama Batman untuk menghabisi Joker dan kawan-kawannya yang kurang lebih sama dalam hal penyimpangan mentalnya.

Batman: Arkham Asylum – Gameplay

Arkham Asylum main title
Arkham Asylum main title

Gerakan-gerakan dasar diajarkan pada cutscene dan pertarungan awal yang terjadi. Pertarungan benar-benar memanjakan mata dengan gerakan-gerakan yang bersambung dari satu musuh ke musuh yang lain, dengan catatan nggak asal menekan tombol “Pukul”. Gerakan menyerang dan balasan harus di lancarkan dengan timing yang baik supaya semua musuh dapat dilawan dan mendapatkan combo yang mantap. Selain tangan kosong, musuh-musuh Batman akan menyerang dengan tongkat baseball, pisau, electric baton, dan senjata api. Tapi jangan khawatir, karena Batman juga dibekali dengan beberapa gadget canggihnya seperti Batarang (business as usual..), Batclaw, X-ray vision dan gadget lainnya yang pasti menarik.

Batman: Arkham Asylum – Grafik dan Sound

Grafis yang ditawarkan sangat mantap, sesuai dengan standar game masa kini. Model karakter, ruangan, benda-benda pelengkap yang ada di ruangan, lingkungan pulau Arkham keseluruhan semua digarap dengan rapi dan indah. Cuma satu yang saya agak kurang suka, model karakter sang Batman sendiri yang menurut saya agak gendut dan gerakan larinya yang kaku. Tapi kekakuan sang Batman terbayarkan saat saya bertemu dengan Poison Ivy (rawr!). Oya, jangan berharap tantangan dan rintangan yang disiapkan Joker akan gampang, karena kawan-kawannya juga ikut membantu. Sebut saja Harley Quinn, Poison Ivy, Scarecrow dan Killer Croc akan membuat kostum dan jubah Batman terkoyak dan bernoda darah sebelum bisa menyentuh Joker. Yak betul, sepanjang permainan kostum Batman akan berubah dari mulus licin sampai rusak oleh semua pertarungan yang dilewati.

Audio, vokal karakter, efek suara juga dibuat dengan sangat baik sehingga semua suara menyatu dengan baik di telinga kita. Vokal karakter dari saya mendapat nilai paling tinggi, dengan kualitas vokal dan aksen sekelas film Hollywood, kadang saya hanya diam saja di satu titik cuma untuk mendengar dialog-dialog yang dilakukan para karakter.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, game ini termasuk must have dan sangat layak dimainkan. Apalagi dengan tawaran dari Humble Bundle yang harganya gila. Intinya, tidak harus menjadi fans Batman untuk bisa menikmati game ini. Tunggu apa lagi? Cari segera penawaran game ini. Yang masih ragu untuk memainkan game ini, “The joke’s on you!”

Batman3
Cepat! Upload foto close-up ini untuk profil facebook-ku!

 

http://treasuredjunk.net/batman-arkham-asylum-review/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s